Lainnya

Pengusaha Cerdas Tidak Akan Melakukan 6 Hal Ini, Ingat Ya!

pebisnis-cerdas

Anda yang memutuskan untuk menjadi pebisnis maka perlu menjadi pribadi yang cerdas. Di tengah dunia yang dinamis dan persaingan bisnis yang ketat, seorang pengusaha memang dituntut untuk bisa cerdas dalam menyikapi segala permasalahan yang muncul. Tapi untuk menjadi entrepreneur yang cerdas, Anda perlu mengasah diri setiap waktunya. Apalagi bila Anda baru saja terjun ke dunia bisnis. Maka proses pembelajaran akan menjadi sesuatu yang perlu untuk Anda selalu jalankan. Namun untuk menjadi pebisnis cerdas ini bisa Anda pelajari. Setidaknya, Anda tidak melakukan beberapa hal berikut ini untuk bisa menjadi pengusaha yang cerdas.

  1. Berpikiran Sempit

Hal pertama yang tidak boleh dilakukan untuk menjadi pengusaha cerdas adalah berpikiran sempit. Alih-alih berpikiran sempit, seorang pengusaha dalam menumbuhkan bisnisnya dibutuhkan pemikiran yang luas. Di tengah arus globalisasi dan modernisasi orang-orang berpikiran sempit akan tertinggal jauh oleh mereka yang mau membuka pikirannya. Sebagai contoh saja dalam hubungannya dengan perkembangan pemasaran online yang semakin merajalela. Pebisnis yang berpikiran sempit dan kemudian tidak respect terhadap pemasaran online akan tertinggal oleh zaman hingga kemudian kalah persaingan dengan para kompetitor. Dari sinilah mereka yang selalu berkutat dengan pemikiran yang sempit akan sulit untuk menjadi pebisnis cerdas.

  1. Cuek dengan Berita Terkini

Untuk membuka pemikiran dan wawasan, seorang pebisnis tentu membutuhkan konten berita yang sarat informasi. Dunia yang cepat berkembang memang membuat pebisnis harus selalu update dengan berita. Berita apapun bisa Anda dengarkan dan saksikan untuk perkembangan wawasan dan pemikiran. Dengan sering melihat dan mendengarkan berita maka Anda akan memiliki banyak pengetahuan dan wawasan. Nah, saat banyak pengetahuan, informasi dan wawasan yang bisa Anda peroleh maka Anda pun akan bisa menjadi pengusaha yang cerdas.

  1. Menolak Perubahan

Berikutnya, hal yang dapat membuat seseorang gagal menjadi pengusaha cerdas yaitu kebiasaannya menolak perubahan. Dalam kehidupan ini perubahan adalah hal yang mutahil untuk dihindari. Bahkan di era teknologi yang begitu cepat ini membuat perubahan bisa hadir setiap waktu atau setiap hari. Dari sini kecerdasan seorang pengusaha memang akan bisa dilihat dari bagaimana ia menyikapi perubahan. Bila dirinya menyikapi perubahan dengan acuh maka hal ini bisa membuat bisnisnya terpuruk. Lihat saja contoh seperti perusahaan FujiFilm atau BlackBerry yang sudah gulung tikar karena tidak mau merespon perubahan.

  1. Bertindak Tanpa Pertimbangan

Untuk menghindari kerugian, Anda memang harus mempertimbangkan segala kebijakan dan keputusan yang akan diambil. Tapi sayangnya tidak semua pebisnis melakukan hal ini. Tak jarang dari mereka yang bertindak tanpa adanya pertimbangan. Hasilnya, mereka yang bertindak tanpa pertimbangan ini akan rawan menadapati kerugian dan kegagalan. Maka dari itu untuk menjadi pebisnis yang cerdas Anda harus mempertimbangan segala tindakan yang akan dilakukan, termasuk ketika akan merencanakan kebijakan atau keputusan.

  1. Selalu Menganggap Dirinya Benar

Selanjutnya, Anda yang ingin menjadi pengusaha cerdas harus bisa menempatkan diri pada posisi seorang manusia yang bisa saja melakukan kesalahan. Meski Anda menduduki posisi tertinggi dalam perusahaan, Anda tidak bisa mengklaim diri Anda selalu benar. Sebab bila Anda menganggap diri selalu benar maka karyawan akan mengganggp diri Anda sebagai pemimpin yang tak cerdas. Kecerdasan pengusaha memang bisa dinilai dari bagaimana Anda bisa menerima kritik dan kesalahan. Sebab, bukan tidak mungkin dari kesalahan yang Anda buat muncul kritik yang membangun dan bermanfaat yang datang dari karyawan atau mitra Anda.

  1. Menyerah Setelah Gagal

Terakhir, hal yang tidak boleh dilakukan oleh pengusaha cerdas adalah menyerah setelah gagal. Dalam menjalankan bisnis memang akan selalu ada risiko gagal. Tapi Anda sebagai pebisnis cerdas yang paham hal ini, seharusnya bisa menghadapi kegagalan dengan jiwa yang ksatria. Alih-alih menyerah, Anda yang ingin menjadi pebisnis cerdas harus mampu menjadikan kegagalan ini sebagai titik kebangkitan. Untuk bisa bangkit dari kegagalan ini memang tidak mudah, karena pasti ada hal yang harus dikuatkan dalam diri. Apalagi bagi pebisnis pemula, maka kegagalan yang dialami seringkali membuat dirinya sulit bangkit. Tapi Anda yang ingin menjadi pebisnis cerdas harus bisa mengatasi kegagalan ini dengan baik tanpa ada kata menyerah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top