Lainnya

Punya 6 Sifat Ini? Waspada, Karena Hal Tersebut Menjadi Pertanda Anda Belum Siap Berwirausaha dan Sulit Sukses

sifat-buruk-pebisnis

Berbisnis merupakan kegiatan yang saat ini menjadi pilihan banyak orang. Dengan nilai yang dipandang lebih baik, membuat profesi entrepreneur ini jadi lebih bergengsi. Namun untuk menjadi pebisnis tentu dibutuhkan sebuah mental dan karakter yang berbeda dengan menjadi karyawan. Nah dari sinilah kemudian membuat banyak pebisnis pemula yang rontok dan berguguran karena memang belum memiliki mental yang siap menjadi entrepreneur. Untuk mengetahui apakah kita sudah siap atau belum menjadi entreprenur, maka kita bisa bisa mengetahui beberapa tanda ini. Jadi bila Anda memiliki beberapa tanda tersebut maka Anda harus waspada karena dianggap belum siap berbisnis atau sulit menjadi pebisnis sukses. Berikut beberapa tanda dari sifat bahwa Anda belum siap berbisnis dan juga sulit menjadi pebisnis sukses.

  1. Minder

Pertama, tanda dari sifat bahwa Anda belum siap berbisnis dan sulit menjadi pebisnis sukses adalah minder. Seorang pebisnis memang dituntut untuk lebih percaya diri. Sebab dengan tuntutan untuk memperbanyak relasi membuat pebisnis akan sulit mewujudkannya bila memiliki sifat minder. Sifat mider memang membuat seseorang akan kesulitan untuk bergaul. Ini karena orang yang minder biasanya akan malu bertemu dengan orang lain atau orang baru. Padahal sebgai pebisnis bertemu dengan orang baru adalah hal yang akan selalu dihadapi setiap waktu. Nah, Anda yang memang mempunyai sifat minder ini bisa menandakan bahwa Anda belum siap berbisnis.

  1. Malas

Menjadi pebisnis, apalagi pebisnis pemula maka seseorang dituntut untuk selalu bekerja keras. Tidak seperti menjadi karyawan yang bisa bekerja 8 jam dalam satu hari, seorang pebisnis bisa saja bekerja 24 jam per-hari dalam satu minggu penuh. Dari sini maka untuk menjadi pebisnis dibutuhkan sifat ulet dan rajin. Maka Anda yang masih memiliki sifat malas dalam diri maka akan sangat sulit untuk Anda menjadi pengusaha. Mungkin Anda bisa menjalankan bisnis Anda, tapi untuk bisa membuat bisnis bertumbuh adalah hal yang sulit untuk dicapai dengan sifat malas yang dimiliki.

  1. Gengsi

Bisa jadi saat pertama kali menjalankan bisnis Anda harus memulainya dengan segala keterbatasan. Dan bukan tidak mungkin saat mengawali bisnis, Anda harus mengerjakan semua hal dengan sendirian. Dari menyediakan stok, memproduksi barang, memasarkan barang hingga melayani konsumen. Nah dari banyaknya kegiatan yang harus dikerjakan pebisnis sendirian diawal usaha maka Anda yang merasa gengsi akan sulit untuk menjalankan usaha. Sebab, dari rasa gengsi ini maka Anda akan merasa malu untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tadi yang sebenarnya harus dilakukan.

  1. Egois

Sifat egois merupakan salah satu sifat keras kepala yang sulit membuat seseorang menjadi pebisnis. Ini karena bila pebisnis memiliki sifat egois maka mereka biasanya akan sulit menerima pendapat orang lain yang bisa jadi penting dan dapat membuat usahanya bertumbuh. Dengan sifat egoisnya, para pebisnis ini memang hanya yakin dengan pendapatnya sendiri. Padahal tidak sedikit solusi dan jalan keluar yang bisa muncul dari beberapa pendapat orang lain. Nah untuk selalu bisa menerima pendapat orang lain ini maka sifat egois ini memang harus dihilangkan.

  1. Pesimis

Seorang pebisnis memang sudah seharusnya memiliki sifat yang selalu optimis. Dengan sikap yang selalu optimis maka akan selalu muncul harapan meraih pencapaian dan kesuksesan. Sikap optimis yang dimiliki pebisnis sendiri bisa menular ke karyawan sehingga membuat perusahaan terus mempunyai harapan yang baik. Namun bila pebisnis memiliki sifat pesimis maka hal ini akan sulit membuatnya untuk meraih pencapaian atau kesuksesan. Bahkan bila sifat ini dimiliki sejak awal akan merintis usaha, maka pebisnis ini akan sulit bertahan karena memang menandakan bahwa mereka tidak siap berwirausaha.

  1. Tidak Sabar

Terakhir, sifat yang harus diwaspadai karena bisa membuat Anda sulit mencapai kesuksesan bisnis adalah tidak sabaran. Untuk mencapai sukses memang diperlukan proses yang tidak sebentar. Nah dari sinilah kemudian Anda sebagai pebisnis harus ekstra sabar untuk menjalankan bisnis setahap demi setahap hingga saatnya nanti kemudian Anda meraih sukses. Tapi bila Anda orangnya tidak sabaran maka hal ini tentu akan sulit untuk Anda meraih sukses. Beberapa kasus pebisnis yang memulai usahanya dengan sifat sabar ini umumnya bahkan tidak lama bertahan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top