Peluang Usaha

Rupiah Melemah, Ini Dia Bisnis Menguntungkan Saat Dollar Naik, Coba Yuk!

bisnis-dollar-naik

Saat ini nilai tukar rupiah terhadap dollar terpantau melemah hingga mencapai kisaran 15.000/USD. Keadaan melemahnya rupiah dan naiknya mata uang dollar sendiri memiliki dua sisi bila dipandang dari sudut bisnis. Sisi pertama adalah sisi merugikan bagi beberapa kalangan yang berbisnis dengan membeli stok dari luar negeri. Sisi kedua adalah sisi menguntungkan bagi mereka yang berbisnis dengan menjual produk ke luar negeri. Jadi semua keadaan ada baik dan buruknya tergantung posisi kita. Jika kita menjadi importir tentu naik dollar ini sangat mencekik. Sebaliknya bila Anda berposisi sebagai ekspotir maka naiknya dollar ini sangat ditunggu-tunggu karena bisa menguntungkan usahanya. Berikut beberapa bisnis menguntungkan ketika dollar naik.

  1. Eksportir

Bisnis pertama yang menguntungkan untuk dijalani saat dollar naik dan rupiah menurun adalah eksportir. Bila Anda memiliki kemampuan untuk menjual barang dalam negeri ke luar negeri, maka peluang Anda mendapatkan banyak uang saat dollar naik sangatlah besar. Pasalnya, mata uang hasil penjualan barang ke luar negri yang akan didapatkan adalah dollar. Nah saat dollar Anda dapatkan dan kemudian Anda tukar ke rupiah, maka rupiah yang didapat akan berlipat-lipat. Namun untuk menjadi eksportir, Anda harus mengetahui seluk beluk tentang ekspor. Bagaimana peraturan dan perizinannya, dan yang paling penting bagaimana mengirimkan barang ke luar negeri. Beberapa hal ini haruslah dikuasai dan Anda pahami agar kegiatan eksportir Anda berjalan lancar.

  1. Pengrajin

Keunikan dan kekhasan produk kerajinan Indonesia memang banyak yang membuat orang luar negeri kepincut. Dari sana kemudian banyak produk kerajinan dalam negeri yang berhasil dieskpor ke luar negeri. Tentu jika sebuah produk kerajinan berhasil diekspor ke luar negeri maka profit yang bisa didapatkan bisa berkali-kali lipat, terlebih saat dollar naik. Dengan pendapatan dollar yang didapatkan maka para pengrajin akan bisa meraup pundi-pundi rupiah dalam jumlah yang besar. Tentu Anda bisa mengikuti jejak para pengrajin mendapatkan profit yang sangat menguntungkan ini bila Anda memiliki bakat berbisnis kerajinan yang unik dan berkualitas.

  1. Youtuber dan Blogger

Orang yang saat ini juga mengalami rasa puas atas kenaikan mata uang dollar adalah para Youtuber dan Blogger. Bagi Youtuber dan Blogger yang sudah populer, kenaikan dollar akan membuat pendapatannya berkali-kali lipat. Hal ini dikarenakan penghasilan yang didapatkan Youtuber dan Blogger ini adalah dollar. Saat dollar didapatkan dan kemudian dikonversi ke rupiah, maka pendapatan para Youtuber dan Blogger ini akan semakin besar. Nah, Anda yang memiliki kemampuan membuat konten-konten menarik untuk ditampilkan di YouTube dan blog, maka Anda pun bisa mendapatkan penghasilan yang besar dari dampak kenaikan dollar tersebut.

  1. Freelancer dengan Bayaran Dollar

Saat ini memang banyak website luar negeri yang mencari pekerja lepas. Nah karena berkonsep online, maka Anda pun bisa melakukan aplly. Ketika aplikasi Anda diterima dan Anda bekerja sebagai freelancer, maka Anda akan berkesempatan mendapatkan pendapatan yang besar. Ini karena pekerjaan yang Anda dapat dari website luar negeri membuat Anda akan dibayar dengan dollar. Nah dari bayaran dollar inilah maka Anda akan bisa mengkonversinya menjadi rupiah dalam jumlah yang besar. Beberapa pekerjaan freelancer yang dibutuhkan klien luar negeri ini sendiri sekarang beragam. Dari penulis, penerjemah, designer dan lainnya. Jadi bila Anda memiliki beberapa kemampuan menulis, menerjemah, design yang baik, maka coba saja untuk melamar pekerjaan paruh waktu via website luar negeri tersebut.

  1. Pemandu Wisata (Guide)

Terakhir, bisnis yang menguntungkan yang bisa Anda jalankan saat dollar naik adalah pemandu wisata atau guide. Namun untuk bisa meraih penghasilan yang besar dari kenaikan dollar, maka pastikan Anda menjadi guide untuk wisatawan asing. Dengan menjadi guide wisatawan asing maka Anda akan bisa mendapatkan uang lebih banyak. Ini karena bagi wisatawan asing, saat dollar naik, mereka semakin royal dan suka melancong ke negara yang memiliki nilai tukar mata uang yang rendah. Namun untuk bisa menjadi pemandu wisata (guide), Anda harus bisa menguasai bahasa asing. Selain bahasa asing, pengetahuan terhadap lokasi wisata juga diperlukan untuk menjadi pemandu wisata. Bila Anda banyak menguasai banyak bahasa asing, maka kesempatan Anda mendapatkan pundi-pundi uang akan semakin besar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top