Tips

Sedang Jalankan Bisnis dari Rumah Karena Virus Corona? Terapkan 4 Tips Ini

jalankan-bisnis-dari-rumah

jalankan bisnis dari rumah/https://gizmologi.id/

Situasi wabah virus corona yang saat ini semakin menjadi-jadi, membuat ada banyak hal yang harus kita lakukan dari dalam rumah. Salah satu kegiatan yang mau tak mau harus dilakukan dari rumah adalah bisnis. Dengan semakin mewabahnya covid-19 ini memang membuat aktivitas apapun, termasuk mengelola bisnis, dapat memaksa Anda untuk menjalankannya dari rumah. Dengan didasarkan pada alasan untuk menghindari persebaran virus corona, maka hal ini mau tak mau memang harus dilakukan. Sebagai pemilik usaha, tentu menjalankan bisnis dari rumah ini ada banyak kendala yang akan didapati. Namun sebagai pebisnis, Anda tidak boleh menyerah dengan keadaan. Anda harus berusaha keras bagaimana membuat bisnis tetap berjalan meski dikerjakan dari rumah. Tapi bagaimana cara menjalankan bisnis dari rumah karena virus corona? Berikut beberapa tips yang bisa Anda jalankan.

  1. Menjelaskan

Tips pertama yang bisa Anda terapkan untuk jalankan bisnis dari rumah adalah dengan menjelaskan secara baik. Sebagai owner bisnis, Anda memang harus bisa menjelaskan kepada seluruh tim dengan baik kondisi yang kurang mengenakkan dan memaksakan bisnis harus dikerjakan dari rumah. Tapi jangan hanya menyampaikan alasannya saja, namun Anda juga perlu menjelaskan skenario atau rencana yang akan dijalankan dengan rinci. Untuk memastikan semua tim memahami dan terus bekerja maksimal meski di rumah, maka dalam penyampaian tersebut Anda perlu juga menetapkan target. Dengan target inilah maka tim tidak bisa bermalas-malasan meski bekerja di rumah sehingga bisnis Anda pun tetap berjalan optimal. Tapi jangan hanya menekan tim dengan target-target saja, sebagai pemimpin, Anda juga harus bisa memberikan dorongan, semangat dan motivasi pada mereka untuk tetap bekerja giat di rumah.

  1. Komunikasi

Setelah Anda menyampaikan penjelasan tadi, maka hal penting lain yang perlu dilakukan dalam menjalankan bisnis dari rumah adalah komunikasi. Untungnya saat ini ada teknologi online yang membantu pekerjaan dan komunikasi dalam jarak jauh. Anda memang harus tetap berkomunikasi dengan tim saat bekerja di rumah. Maka dari itu mintalah tim untuk selalu terkoneksi intenet dan siap dengan aplikasi video atau voice call untuk tetap bisa berkomunikasi saat bekerja di rumah. Pastikan juga untuk tim memiliki koneksi intenet yang stabil untuk kegiatan komunikasi tanpa gangguan. Komunikasi yang lancar dalam konteks bekerja jarak jauh ini memang sangat penting. Sebab bila komunikasi berjalan tidak lancar maka bisa saja nantinya terjadi misskomunikasi.

  1. Menghubungkan

Di saat wabah virus corona yang mengancam ini memang dibutuhkan rasa empati yang besar. Karena virus covid-19 ini bisa menjangkiti sipapun maka Anda sebagai pemimpin bisnis juga perlu berempati kepada tim ataun karyawan. Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa keadaan yang mengharuskan mereka bekerja di rumah ini bukan dalam rangka diskriminasi. Maka dari itu Anda perlu menjadi penghubung antara karyawan dengan perusahaan yang memang sama-sama membutuhkan. Pastikan mereka mendapat keyakinan dan kepercayaan penuh dari Anda agar mereka pun bisa bekerja dengan sungguh-sungguh. Anda juga perlu mendengarkan apa-apa yang mereka keluhkan nantinya ketika bekerja di rumah. Jangan lupa juga ingatkan pada mereka untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan.

  1. Membuat Adaptasi yang Cepat

Terakhir, tips menjalankan bisnis dari rumah dengan baik karena dampak virus corona adalah dengan membuat adaptasi yang cepat. Dengan masa penanganan virus corona yang tidak pasti, membuat Anda harus bisa membuat tim atau karyawan cepat terbiasa dengan kerja dari rumah. Setelah sekian lama bekerja di kantor, memang sangat mungkin karyawan Anda mengalami banyak hambatan saat bekerja di rumah. Ini wajar karena mereka bekerja di lingkungan yang baru. Namun Anda tidak boleh membiarkan masa adaptasi ini terlalu lama. Sebab Anda juga harus membuat bisnis ini sebisa mungkin tetap berjalan seperti biasanya untuk menghasikan omset yang nantinya juga untuk menggaji mereka. Maka dari sampaikan saja kebutuhan Anda dan perusahaan untuk kepentingan bersama.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat bisnis Anda terpaksa harus dijalankan di rumah karena virus corona. Dengan kondisi yang serba memaksa seperti ini maka Anda sebagai pebisnis memang perlu untuk kreatif memikirkan cara terbaik untuk mengatasinya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: