Lainnya

Tak Perlu Ancaman, Inilah 5 Hal yang Bisa Membuat Karyawan Bekerja Giat

promosi-job

Setiap pebisnis tentu ingin punya karyawan yang bisa bekerja dengan giat. Dengan memiliki karyawan yang selalu bekerja giat maka pebisnis memang akan bisa membuat usahanya lebih cepat bertumbuh. Namun untuk membuat karyawan giat bekerja bukanlah hal yang mudah. Dengan sifat manusia yang bisa berubah-ubah, karyawan yang punya dasar sifat tekun pun bisa saja kemudian mengalami penurunan produktivitas di suatu waktu. Maka dari itu untuk bisa mendapatkan karyawan yang selalu rajin dan giat ini, pebisnis perlu berusaha. Dari beberapa contoh kasus di lapangan seringkali kita mendapati pebisnis yang menghadirkan tekanan atau ancaman untuk membuat karyawan bekerja giat. Memang cara ini bisa saja membuat karyawan bekerja giat. Namun alangkah baiknya kita menghadirkan cara-cara selain ancaman dan tekanan untuk membuat karyawan bekerja giat. Nah berikut ini adalah beberapa cara dan hal yang bisa Anda terapkan untuk membuat karyawan bekerja giat.

  1. Bonus

Pertama, hal dan cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat karyawan bekerja giat yakni memberikan bonus. Bonus memang merupakan sesuatu yang selalu menarik bagi karyawan. Sebab dengan adanya bonus ini maka pendapatan atau penghasilan mereka akan jadi lebih besar. Namun untuk bisa mendapatkan bonus ini siapa pun dan bekerja di perusahaan mana pun ada syarat yang harus dipenuhi yaitu bekerja lebih. Pemimpin bisnis memang tidak ingin rugi saat memberi bonus pada karyawan ketika memberikan bonus. Dari dari sini maka Anda yang tidak ingin membuat karyawan bekerja dengan lebih giat tanpa harus mengancam maka memberikan bonus bisa menjadi cara atau solusi. Karena Anda sebagai pemilik bisnis harus mengeluarkan uang tambahan saat menjalankan cara ini maka Anda harus perlu sudah memiliki perhitungan yang tepat.

  1. Penghargaan

Jika Anda tidak punya dana untuk memberikan bonus, Anda tak perlu risau. Anda tetap bisa membuat karyawan bekerja giat dengan cara lain yakni memberikan penghargaan. Setiap karyawan memang ingin mendapatkan dihargai dari pekerjaan yang dijalankan. Nah dari sinilah Anda bisa mengakomodasi keinginan karyawan tersebut untuk membuat lebih semangat bekerja. Tentu supaya lebih spesial, Anda harus memberikan perhargaan ini tidak pada semua karyawan. Tapi Anda harus memberikan penghargaan ini pada salah satu karyawan saja yang memiliki prestasi. Ketika karyawan mendapatkan penghargaan khusus dari Anda maka mereka akan bisa bekerja dengan lebih giat lagi.

  1. Pengakuan

Berikutnya, cara untuk bisa membuat karyawan bekerja lebih giat tanpa ancaman yaitu pengakuan. Bila Anda punya karyawan yang masih belum berstatus tetap, maka hal ini bisa Anda jadikan cara untuk membuat mereka bekerja lebih giat. Saat ini memang status karyawan memiliki beberapa tingkatan. Dari status karyawan magang, karyawan kontrak, karyawan lepas hingga karyawan tetap. Nah dari beberapa status karyawan inilah Anda bisa menjadikannya sebagai cara untuk membuat mereka bekerja lebih giat. Jadi pancing saja mereka dengan iming-iming pengakuan merubah status karyawannya di perusahaan  menjadi lebih baik supaya mereka mau bekerja dengan giat.

  1. Jaminan

Seseorang yang mendapat jaminan tentu akan sangat membuatnya nyaman dan tenang. Seperti jaminan dari asuransi, Anda sebagai pemilik bisnis juga bisa menjadikan hal ini sebagai cara untuk membuat karyawan bekerja lebih giat. Tapi bukan berarti Anda harus membuat atau memberikan asuransi untuk karyawan. Namun jaminan ini lebih berwujud pada pekerjaan yang mereka dapatkan. Pada kasus ini biasanya bisa Anda terapkan pada karyawan yang berstatus lepas atau freelance. Karena mereka tidak memiliki pekerjaan yang pasti ada, maka Anda bisa membuat jaminan pekerjaan yang selalu ada pada mereka. Saat mereka mendapatkan jaminan pekerjaan yang selalu ada maka karyawan tersebut akan bekerja dengan lebih giat.

  1. Kenaikan Jabatan

Terakhir, hal dan cara yang bisa Anda jalankan untuk membuat karyawan bekerja lebih giat tanpa harus mengancam adalah dengan memberikan kenaikan jabatan. Kenaikan atau promosi jabatan memang merupakan salah satu hal yang diinginkan karyawan. Dengan membuat keinginan karyawan untuk naik jabatan ini terealisasi maka mereka akan merasa mendapati pencapaian tertentu. Tapi pastikan Anda memberikan kenaikan jabatan ini dengan beberapa syarat dimana salah satunya yakni harus bekerja dengan giat dan rajin.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top