Tips

Tips Membuat Tagihan Listrik Tetap Normal Saat WFH

tagihan-listrik-WFH

tagihan listrik WFH/https://www.suarantb.com/

Masa Work From Home (WFH) yang dijalani oleh beberapa pekerja di waktu pandemi Covid-19 ini memang perlu dicermati. Bukan hanya mengenai bagaimana cara pekerja menjalani WFH ini, tapi kebiasaan gaya hidup di rumah tersebut juga perlu diperhatikan. Pasalnya selama WFH diberlakukan tercatat muncul beberapa perbedaan seperti tagihan listrik yang membengkak. Ketika seseorang atau pekerja selalu berada di rumah memang membuat penggunaan listrik menjadi meningkat. Tentu penggunaan listrik yang meningkat selama masa WFH ini tidak baik karena bisa membuat tagihan listrik diakhir bulan jebol. Nah berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk membuat tagihan listrik tetap normal ketika masa WFH.

  1. Maksimalkan Pecahayaan Alami

Tips pertama untuk menjadikan tagihan listrik tetap normal saat WFH adalah dengan memaksimalkan pencahataan alami. Saat siang hari memang kita bisa memanfaatkan pencahayaan alami untuk rumah. Dengan adanya pencahayaan alami dari sinar matahari ini tentu akan membantu Anda membuat tagihan listrik tetap normal. Ini dikarenakan dengan menggunakan dan memaksimalkan pencayahaan alami ini maka kamu tidak perlu menghidupkan lampu. Saat cahaya lampu sudah bisa tergantikan dengan pencahayaan alami ini maka Anda pun bisa menghemat listrik. Untuk membut pencahayaan alami ini Anda bisa mengganti genting tanah liat Anda dengan genting kaca yang terus menyorot ke dalam rumah. Anda juga bisa membuat ventilasi baru dari luar rumah yang menyorot cahaya matahari ke dalam rumah.

  1. Batasi Penggunaan Perangkat Elektronik

Penggunaan listrik berlebihan selama di rumah memang akan sangat banyak disebabkan oleh penggunaan perangkat elektronik yang besar. Perangkat elektronik dirumah yang seringkali menyumbang porsi paling banyak dalam konsumsi listrik pastinya akan membuat tagihan membengkak. Untuk itulah Anda yang tidak ingin tagihan listrik membengkak di akhir bulan, pastikan untuk mengurangi penggunaan perangkat elektronik selama WFH. Gunakan saja beberapa perangkat elektronik ini sewajarnya. Seperti ketika penggunaan Air Conditioner (AC), maka matikan saat Anda meninggalkan kamar. Pun bila Anda berada di ruang keluarga, maka pastikan ketika rasa kantuk itu datang agar tidak tertidur dalam keadaan televisi menyala.

  1. Gunakan Perangkat Hemat Energi

Berikutnya, tips membuat tagihan listrik tetap normal saat WFH adalah dengan menggunakan perangkat hemat energi. Saat ini memang ada banyak perangkat hemat energi yang bisa Anda dapatkan. Perangkat hemat energi ini sendiri bisa berwujud produk elektronik dan lainnya yang memiliki daya untuk bisa menghemat daya konsumsi listrik. Nah ketika Anda menggunakan perangkat hemat energi maka Anda akan terhindar dari membengkaknya tagihan listrik di akhir bulan.

  1. Lakukan Kegiatan atau Aktivitas Tanpa Gadget

Terakhir, tips membuat tagihan listrik tetap normal ketika menjalankan WFH adalah dengan melakukan kegiatan tanpa gadget. Gadget memang menjadi salah satu perangkat yang akan paling sering digunakan selama WFH. Ketergantungan seseorang saat ini terhadap gadget memang sangat besar. Dari sinilah kemudian banyak orang yang selalu membutuhkan daya untuk mengisi gadget. Bila Anda selama di rumah seringkali melakukan isi ulang daya maka hal ini akan cukup membebani tagihan listrik di akhir bulan. Meski konsumsi daya gadget ini tidak sebesar Air Conditioner (AC), namun bila isi ulang daya gadget ini Anda lalukan terus menerus maka hal ini bisa membuat tagihan listrik terbebani.

Itulah beberapa tips dan cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tagihan listrik tetap normal selama masa WFH berlangsung. Sekali lagi dalam masa WFH ini kita sebagai pekerja juga harus bijak menyikapi segala hal termasuk dalam konsumsi listrik. Sebab penggunaan atau konsumsi listrik yang berlebihan saat WFH ini tentu bisa saja membebani pengeluaran bulanan Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: