Tips

Anda Wanita Karir? Atur dan Manajemen Waktu dengan 6 Tips Ini

Membagi waktu antara mengurus rumah tangga dan pekerjaan, bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh setiap orang. Khususnya, bagi wanita karir yang memiliki pekerjaan dengan waktu yang cukup padat. Pilihan berkarir memang akan menuntut para ibu rumah tangga untuk bisa membagi waktu serta menjalankan perannya sebagai ibu rumah tangga dan karirnya dengan baik. Percuma saja jika selama ini hanya fokus berkarir, namun urusan rumah tangga dibiarkan. Banyak kasus yang sudah terjadi mengenai hal seperti ini, keluarga mereka hancur karena tidak terurus dengan baik. Misalnya keadaan rumah berantakan, suami tidak terurus dan anak-anak terlantar. Oleh karena itu, seorang wanita karir memang diharapkan mampu melakukan memanajemen waktunya dengan baik. Nah, jika Anda merupakan seorang wanita karir yang dilanda kebingungan dalam memanajemen waktu antara keluarga dan pekerjaan, sebaiknya simaklah tips suksesnya berikut ini.

  1. Mengatur Jadwal Kegiatan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatur jadwal kegiatan. Dengan mengatur jadwal kegiatan, diharapkan aktivitas yang akan Anda lakukan esok hari bisa terorganisir dengan baik. Dalam mengatur jadwal tersebut, Anda bisa membaginya ke dalam 3 kelompok yakni kegiatan yang harus dilakukan, kegiatan yang sebaiknya dilakukan dan kegiatan yang tidak penting untuk dilakukan. Dengan membuat skala prioritas, maka sebagai wanita karir Anda juga bisa tahu kegiatan apa saja yang perlu diprioritaskan dengan segera. Kemudian, dengan mengikuti susunan jadwal yang Anda buat tersebut maka satu demi satu pekerjaan akan terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

  1. Selektif dalam Menggunakan Waktu

Selanjutnya, Anda harus selektif dalam menggunakan waktu. Sebagai seorang wanita karir tentu Anda akan banyak memperoleh ajakan seperti undangan makan siang, undangan rapat atau undangan makan malam bersama rekan kerja. Di samping itu, Anda juga seorang ibu rumah tangga yang kerap mendapatkan undangan untuk menghadiri acara sekolah anak Anda. Jika kedua undangan itu dianggap penting, solusinya adalah Anda harus selektif dalam menentukan waktu. Caranya dengan memperhatikan kembali daftar jadwal kegiatan yang sudah Anda susun. Dengan melihat daftar jadwal yang sudah disusun tersebut, maka Anda tidak akan merasa kebingungan dalam memilih kegiatan yang harus dilakukan terlebih dahulu.

  1. Set Waktu Saat Melakukan Pekerjaan

Jika Anda kesulitan untuk mengatur waktu cepat atau lambatnya melakukan suatu pekerjaan, maka set atau aturlah waktu saat melakukan pekerjaan tersebut. Dengan cara ini, Anda akan lebih terbantu untuk mengerjakan pekerjaannya dengan cepat. Misalnya, kegiatan pagi hari dimulai dengan memasak sekitar 10-15 menit dan begitupun pekerjaan selanjutnya. Lakukan cara ini agar semua pekerjaan dapat terorganisir dengan baik serta waktu yang ada tidak terbuang sia-sia.

  1. Siapkan Segala Kebutuhan untuk Esok Pagi Pada Malam Sebelumnya

Untuk para ibu rumah tangga, pagi hari adalah waktu yang paling sibuk dalam mengawali segala aktivitas yang dilakukan. Mulai dari menyiapkan pakaian untuk anak sekolah, pakaian untuk suami bekerja, memasak, belum lagi untuk persiapan dirinya sendiri. Untuk mengantisipasi kesibukan tersebut, siapkanlah segala kebutuhan untuk esok pagi pada malam sebelumnya. Dengan melakukannya di malam hari, maka Anda bisa menghemat waktu dan tidak kerepotan pada pagi harinya.

  1. Mintalah Dukungan dari Keluarga

Dukungan dari keluarga adalah hal yang sangat penting untuk menunjang kegiatan Anda. Maka dari itu, janganlah segan untuk meminta bantuan mereka. Jika Anda benar-benar sedang sibuk sehingga tidak bisa mengerjakan secara penuh pekerjaan rumah, maka mereka akan senang hati membantu Anda untuk melakukan beberapa pekerjaan kecil di rumah seperti menyapu lantai, membereskan tempat tidur, mencuci piring setelah makan dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan tambahan waktu untuk mengerjakan pekerjaan lain. Selain itu, dari hal kecil inilah Anda bisa mendidik anak-anak Anda menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan rumah.

  1. Istirahat yang Cukup Agar Kondisi Badan Selalu Prima

Istirahat yang cukup dan berkualitas sangat berperan penting dalam menjaga tubuh agar selalu prima. Jangan memaksakan diri Anda untuk bekerja terlalu keras sampai menyebabkan Anda jatuh sakit. Ingat, Anda bukanlah seorang robot yang bisa bekerja tanpa henti. Maka dari itu, segera istirahatkan badan Anda jika sudah merasa lelah. Karena, jika terlalu dipaksakan justru akan berakibat fatal terhadap tubuh Anda sendiri dan bisa-bisa semua pekerjaan Anda akan terbengkalai.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: