Keuangan

Gak Punya Wifi Tapi Pengen Hemat Kuota Internet? Cek Disini Ya !

Di zaman super canggih seperti sekarang ini kaum millennia tak pernah lepas dari internet. Walau tak ada wifi di rumah kuota internet dari providerpun diandalkan. Menggunakan internet tak selalu bertujuan untuk bermain social media. Beberapa orang menggunakannya untuk membaca berita, mencari pekerjaan hingga tujuan belajar mengajar. Masalahnya jika menggunakan kuota internet anda harus mengeruk kocek dalam jika tak pintar – pintar mengatur penggunaanya. Agar kontong uang anda tak mudah kering kerontang ada baiknya untuk menyimak tips-tips berikut ini.

Jangan Online Google Maps

Salah satu aplikasi yang suka banget menghabiskan kuota internet anda adalah google maps.  Apalagi jika anda memakai layanan turn by turn direction hingga melihat traffic secara real time.  Ubahlah mode online google maps anda menjadi mode offline jika tidak sedang dibutuhkan. Anda juga bisa menggunakan save maps to use offline sehingga anda bisa melihat rute jalan yang diinginkan tanpa memakai kuota internet.

Gunakan Aplikasi Penghemat Kuota Internet

Bagi anda pengguna smartphone tipe Android kini tersedia beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk menghemat kuota internet. Aplikasi ini juga gratis dan bisa diunduh pada playstore. Beberapa aplikasi tersebut ialah sebagai berikut :

  1. My Data Manager : Telah dipakai hingga 11.5 juta lebih pengguna yang mampu menyediakan data berapa banyak kuota yang sudah anda pakai.
  2. CM Data Manager : Sama halnya dengan my data manager, aplikasi ini juga mampu memeriksa kecepatan jaringan dan memantau penggunaan data anda.
  3. Protect Free VPN+Data Manager : Dibuat oleh perusahaan asal Israel yakni Onavo yang diakuisisi oleh Facebook. Adanya aplikasi ini membuat penggunaan kuota internet anda untuk bermain facebook lebih hemat.
  4. Opera Max : Aplikasi ini merupakan asisten personal yang mampu memberikan sara – saran tentang menghemat data anda.

Non Aktifkan Sinkronisasi

Untuk menghemat kuota internet bisa juga dengan jalan menonaktifkan opsi sinkronisasi pada smartphone anda. Caranya sangat mudah yakni cukup masuk ke menu setting lalu pilih accounts. Kemudian pilih akun untuk tidak disinkronisasikan.

Pilih Browser Yang Efisien

Penggunaan browser ternyata mampu mempengaruhi kuota internet yang anda pakai lo. Dari beberapa browser terdapat browser yang sangat direkomendasikan untuk menghemat kuota internet. Browser tersebut ialah Opera Mini ataupun Google Chrome. Lebih baik jangan gunakan browser bawaan ponsel anda sebab umumnya mampu mengambil banyak kuota internet.

Beri Peringatan Dini

Nah selain menggunakan aplikasi dan browser yang irit kuota anda juga bisa menghemat kuota internet dengan memakai peringatan dini. Adanya warning atas batas kuota internet yang anda pakai akan membuat anda tidak melampaui batas. Gunakan fitur data usage warning atau limit system yang tersedia pada ponsel anda. Anda juga bisa memakai mode flight mode jika sedang tidak memakai internet maupun layanan SMS ataupun telepon.

Lebih Baik Pakai Mailbox

Untuk keperluan email direkomendasikan untuk memakai mailbox saja dari dropbox. Ponsel Android ataupun iOS bisa memakainya dan mampu menyimpan data yang seharusnya tidak tersedot saat memakai email.  Anda juga bisa mencegah pembaharuan aplikasi yang tidak dibutuhkan saat memakai paket data internet anda. Ada baiknya mulai update aplikasi jika anda berada di zona free wifi.  Batasilah masing – masing penggunaan aplikasi anda sehingga kuota internet akan semakin hemat. Itlah tadi beberapa tips untuk berhemat kuota internet, semoga bermanfaat ya!

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: