Keuangan

Ingin Keuangan Tak Goyang? Rutinlah Lakukan 5 Langkah Ini

keuangan-tak-goyang

Keuangan atau finansial dalam sebuah keluarga atau bahkan negara memang memegang peranan yang sangat penting. Sebab untuk mengarungi kehidupan dan bahkan meningkatkan kualitas hidup diperlukan keadaan keuangan yang baik. Bila kondisi finansial buruk, maka segala sesuatunya bisa menjadi runyam. Meski uang bukan segalanya, tapi tanpa uang, akan banyak hal sulit yang menimpa kehidupan Anda. Maka dari itu, agar Anda bisa menjalani kehidupan dengan baik dan lancar, maka Anda harus selalu menjaga finansial agar tak goyang. Tapi bagaimana caranya untuk membuat keuangan tidak goyang? Berikut beberapa cara dan langkah yang harus Anda lakukan.

  1. Analisis Biaya

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat keuangan tidak goyang adalah dengan melakukan analisis biaya. Analisis biaya ini merupakan cara membuat Anda bisa memantau pengeluaran harian atau bulanan dengan melakukan pelacakan semua biaya atau pengeluaran yang muncul. Saat melakukan analisis biaya ini Anda perlu menyediakan sebuah buku atau kertas untuk menuliskan atau mendaftar beberapa pengeluaran yang telah dilakukan selama satu bulan. Selanjutnya lakukan analisis dengan memutuskan pengeluaran yang bisa dihindari. Mengurangi pengeluaran yang dianggap tidak penting dari daftar pengeluaran bulanan memang perlu dilakukan. Ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat keadaan keuangan atau finansial tetap sehat. Dari uang dari pengeluaran yang bisa dihindari ini bisa Anda tabung atau juga diinvestasikan.

  1. Tentukan Anggaran Bulanan

Setelah melakukan analisis keuangan dengan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, lanjutkan dengan menentukan anggaran bulanan. Anggaran bulanan yang berisi pengeluaran rutin ini sifatnya harus pasti. Dai kepastian tersebut maka Anda tidak boleh melanggarnya dengan menambah beban anggaran tersebut. Tujuan ditentukannya anggaran bulanan ini memang sebagai pengingat dan pengendali kepada Anda agar membelanjakan uang dengan tidak berlebihan yang dapat membuat finansial goyang. Untuk melakukan atau menentukan anggaran bulanan ini bisa Anda lakukan secara manual atau dengan menggunakan aplikasi keuangan berbasis smartphone.

  1. Buat Rencana Tahunan

Berikutnya, langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuat keadaan finansial tidak goyang adalah dengan membuat rencana tahunan. Rencana bulanan yang telah Anda susun sebelumnya memang akan berbeda dengan rencana tahunan. Ini karena pada rencana tahunan bisa jadi akan ada beberapa pengeluaran lain yang tidak terdapat pada rencana bulanan. Beberapa pengeluaran tahunan yang tidak muncul dalam rencana bulanan adalah seperti biaya liburan, masuk sekolah dan pengeluaran lainnya. Nah dari sinilah maka agar keadaan finansial keluarga Anda tepat sehat maka pastikan Anda juga membuat rencana tahunan yang baik.

  1. Buat Dana Darurat

Dalam menajalani hidup ini memang siapa pun, termasuk kita tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di depan. Nah dari ketidaktahuan kita pada hal yang terjadi di masa depan inilah membuat kita harus mempersiapkan dana darurat. Sesuai dengan namanya dana darurat ini merupakan anggaran simpanan yang sewaktu-waktu bisa digunakan untuk keperluan mendadak diluar rencana harian, bulanan bahkan tahunan. Dengan memiliki dana darurat maka kita tidak akan kebingungan hingga harus berhutang bila ada keperluan mendadak. Untuk membuat dana darurat sendiri Anda harus menyisihkan uang dari penghasilan bulanan secara rutin. Anda juga bisa membuat rekening tabungan tersendiri untuk membuat dana darurat tetap aman.

  1. Hindari Sikap Boros

Terakhir, langkah untuk membuat keadaan keuangan di keluarga tidak goyang adalah dengan menjauhi sikap boros. Sikap boros memang akan membuat keadaan finansial jadi berantakan. Bahkan semua hal yang Anda lakukan di atas akan hancur berantakan bila Anda selalu bersikap boros. Sikap boros sendiri bentuk pengkhianatan atas semua rencana keuangan yang telah disusun dengan matang sebelumnya. Boros memang sebuah sikap berlebihan yang tak disarankan oleh ahli keuangan dimana pun. Walaupun Anda punya kekayaan dalam jumlah yang besar, tapi sikap boros lama-lama bisa menyeret Anda pada jurang kemiskinan.

Demikianlah beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat keadaan keuangan atau finansial tidak goyang. Untuk membuat cara-cara di atas sukses maka Anda tidak boleh lupa untuk melakukannya dengan konsisten dan penuh kesungguhan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top