Lainnya

Ingin Punya Pegawai Loyal? Cek Disini!

Ingin Punya Pegawai Loyal? Cek Disini! – Sebuah bisnis bila ingin berkembang pesat tidak bisa anda usahakan sendirian. Selain membutuhkan modal sebuah bisnis yang besar juga perlu sumber daya manusia yang berkualitas.  Melihat pertumbuhan penduduk Indonesia saat ini memang banyak sekali tenaga kerja yang bisa diserap tetapi mencari yang berkualitas seperti mencari jarum dalam tumpukkan jerami. Selain sulitnya mencari sumber daya manusia yang berkualitas dari sisi pegawai sendiri juga banyak yang melakukan resign karena kecewa dengan pekerjaannya atau lingkungan perusahaan dulu.

Anda tentunya tidak ingin bila karyawan anda yang memiliki kualitas kerja yang baik pindah ke perusahaan lain, bukan? Tidak hanya gaji yang bisa membuat karyawan anda menjadi pegawai loyal namun beberapa hal berikut ini :

  • Atasan Yang Bersahabat

Poin pertama yang perlu anda perhatikan untuk membuat pegawai anda loyal ialah menjadi atasan yang bersahabat.  Memahami  karakter pegawai anda sehingga anda bisa memberikan tekanan yang sesuai. Seorang atasan tentu saja tidak boleh acuh atau selalu bertingkah bossy tanpa mengetahui kesulitan yang sedang dihadapi pegawainya.

Apabila mereka mengalami kesulitan dalam pekerjaan anda bisa membantu dalam memberikan pengarahan atau melakukan diskusi bersama agar karyawan juga termotivasi untuk mencari solusi. Ketegasan juga diperlukan namun anda harus mengetahui pada kondisi seperti apa anda harus mendisiplinkan bawahan anda. Ciptakan suasana kekeluargaan sehingga memperkuat team work  sehingga pekerja lebih senang dalam bekerja.

  • Penghargaan Itu Penting

Pegawai anda tentunya juga ingin dihargai atas pekerjaan mereka dan inilah kesempatan untuk anda membuat mereka betah bekerja di perusahaan yang sedang anda pimpin. Jangan lupa berikan bonus untuk kinerja mereka yang memuaskan. Anda juga bisa memberikan tunjangan yang besar sebagai tanda kepedulian anda terhadap kesejahteraan pekerja.  Tunjangan atau bonus tersebut nantinya bisa digunakan pekerja untuk mencicil rumah atau sebagai modal dikala pension.

  • Fasilitas Kantor Yang Oke

Satu lagi poin penting untuk membuat pegawai anda loyal bekerja di perusahaan yang anda pimpin ialah dengan menyediakan fasilitas kantor yang memadai. Untuk pekerja dari luar kota anda bisa menyediakan tempat tinggal atau transportasi. Anda juga bisa menyediakan fasilitas wellness center, klinik kesehatan serta tempat makan untuk pegawai.  Ada pula perusahaan yang memanjakan karyawannya dengan menyediakan gaming center atau pun ruang santai hingga perpustakaan.

  • Jenjang Karir Yang Jelas

Memiliki jenjang karir yang cemerlang tentu impian semua karyawan begitu pula pekerja anda.  Kebanyakan pegawai tentu akan bertahan di perusahaan lama mereka apabila memiliki jenjang karir yang jelas dan sesuai dengan pilihan karir yang dimiliki.  Anda bisa memberikan kenaikan jabatan untuk beberapa karyawan yang dinilai produktif dan memiliki kinerja kerja yang tak perlu dipertanyakan lagi.  Tindakan ini akan berdampak pula bagi karyawan lainnya untuk lebih semangat meningkatkan kinerja kerja mereka.

  • Waktu Kerja Yang Sesuai

Poin terakhir yang perlu anda perhatikan ialah waktu kerja pegawai yang efektif. Bagi karyawan yang sudah memiliki keluarga tentunya waktu sangatlah berharga sehingga jangan sampai terllau menuntut untuk menyelesaikan pekerjaan dalam satu kali waktu.  Pekerjaan tentunya ada yang bersifat urgent dan ada yang tidak.  Anda juga perlu mempertimbangkan waktu mereka untuk keluarga terlebih bagi perempuan yang sedang hamil. Pemberian cuti hamil juga wajib diberikan tidak hanya sebelum melahirkan namun juga setelahnya.

Cukup mengikuti poin – poin di atas bisa membuat pekerja anda betah untuk bekerja di perusahaan yang kini anda pimpin. Ingat bahwa hubungan karyawan dengan perusahaan adalah hubungan timbal balik sehingga kita wajib menghormati satu sama lainnya

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: