Keuangan

Trik Jitu Menghemat Biaya Telepon

Komunikasi menjadi  poin penting dalam bisnis. Melalui komunikasi yang baik maka produk akan mudah diterima pasar. Tak hanya itu melalui komunikasi pula anda bisa mendapatkan modal dari partner kerja dan menjalin relasi bisnis untuk mengembangkan perusahaan yang dimiliki jadi lebih besar lagi. Salah satu alat untuk memperlancar kegiatan komunikasimu maka hadirnya pesawat telepon sangat membantu.  Hadirnya pesawat telepon ini tak membatasi komunikasi anda untuk menembus daerah hingga negara. Nah, untuk menghemat biaya telepon ini anda bisa mengikuti beberapa trik berikut ini agar biaya telepon perusahaan tidak overload.

Gunakan Aplikasi SMS Gratis

Trik yang pertama untuk menghemat biaya komunikasi ialah dengan mengunduh aplikasi chatting gratis. Anda bisa mengunduh line atau whatsapp sebagai aplikasi chat gratis. Tak hanya menawarkan mengirim pesan gratis namun anda juga bisa menelepon tanpa harus membayar pulsa. Apalagi bagi karyawan lapangan tentu membutuhkan informasi yang selalu update sehingga dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa lebih leluasa berkomunikasi tanpa harus memikirkan biaya pulsa.

Pakai Sistem PABX

Untuk komunikasi antar karyawan di satu perusahaan bisa menggunakan alat PABX. Alat PABX sendiri ialah singkatan dari Private Automatic Branch eXchange. Sistem ini bekerja seperti modem yang berfungsi sebagai control station. Jika ada telepon masuk maka anda akan diarahkan melalui control station tersebut. Salah satu  contoh sistem ini ialah adanya extension yang menghubungkan tiap departemen.  Selain lebih menghemat biaya menggunakan PABX juga membuat penelepon berbicara ke departemen yang dibutuhkan.

Tentukan budget Biaya Telepon

Trik selanjutnya ialah menentukan  budget biaya telepon.  Dengan menentukan budget biaya telepon anda juga bisa menentukan estimasi waktu komunikasi yang harus dibatasi. Ketika sudah melewati batas waktu telepon maka akan otomatis mati. Gunakanlah pesawat telepon sesuai dengan kebutuhan agar tidak membuang-buang pulsa. Cek tagihan anda untuk mengevaluasi apakah trik yang anda lakukan diatas efektif atau tidak.

Manfaatkan Fasilitas Operator

Setiap operator biasa menawarkan paket gratisan, bonus atau paket tertentu untuk menghemat budget komunikasi. Rajin-rajinlah mengecek fasilitas ini dan gunakan sesuai yang anda perlukan. Misalnya saja jika anda lebih sering berkirim pesan maka pilih paket SMS untuk jangka waktu tertentu seperti seminggu atau sebulan. Jika sering berkomunikasi dengan cara menelepon bisa menggunakan paket telepon baik antar GSM maupun berbeda provider.

Manfaatkan Media Komunikasi Lain Selain Telepon

Untuk berkomunikasi tak harus melalui pesawat telepon karena anda juga bisa menggunakan media social yang dimiliki. Anda juga bisa memakai email untuk saling bertukar informasi.  Selain itu dengan menggunakan media social anda tak hanya bisa berbagi suara ataupun text namun juga foto dan video. Tidak hanya komunikasi dengan satu orang saja melalui media social bisa sampai ribuan bahkan jutaan orang. Dimanapun anda berada juga bisa melakukan komunikasi satu arah ini jika menggunakan media social.

Jangan Mneggunakan Fasilitas Kantor Untuk Keperluan Pribadi

Jangan sekali-kali memanfaatkan fasilitas kantor yang ada untuk kepentingan pribadimu. Seperti halnya dalam menggunakan pesawat telepon tidak diizinkan untuk digunakan berkomunikasi dengan pihak yang tidak terkait dengan perusahaan.  Sesekali anda harus mengawasi sendiri karyawan anda agar mengetahui kinerja yang dimiliki mereka.

Tidak hanya biaya telepon saja yang perlu anda hemat tentu masih banyak lagi biaya operasional yang ditanggung oleh perusahaan.  Ada biaya perlengkapan kantor, beban pemasaran, perjalan dinas hingga biaya angkut pembelian.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top