Lainnya

10 Aplikasi Yang Dapat Anda Gunakan Untuk Performa Smartphonemu

Smartphone adalah salah satu benda yang paling tidak bisa jauh dari jangkauan banyak masyarakat. Terlebih lagi dari tahun ke tahun perkembangan smartphone ini semakin meningkat. Meningkatnya perkembangan smartphone ini dibuktikan dengan banyaknya fitur aplikasi yang semakin beragam. Beragamnya aplikasi membuat banyak kalangan masyarakat ingin menginstal dan mempercantik performa smartphone miliknya.

Akan tertapi, terkadang banyaknya aplikasi yang terinstal juga memerlukan memori RAM yang banyak. Jadi, para pengguna smartphone harus pintar-pintar untuk memilih aplikasi yang baik untuk smartphone yang digunakan. Nah, berikut ini terdapat ulasan tentang aplikasi yang dapat anda gunakan untuk performa smartphone anda:

Phone Doctor Plus

Aplikasi phone doctor plus dapat anda peroleh dari google play. Aplikasi ini telah banyak digunakan oleh sebagian orang. Banyaknya fitur yang tersedia menjadikan aplikasi ini sangat bagus untuk pengujian performa hardware. Fitur yang disediakan meliputi uji CPU, camera, volume, microfon, headset, tombol power dan fitur-fitur lainnya yang dapat anda gunakan.

Z-Device

Z-device merupakan aplikasi yang juga tersedia di google play. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menguji performa smartphone anda. dalam apkikasi Z-device anda dapat menguji sistem kinerja perangkat  sensor, batrai, layar, GPS, dan Wi-fi. Sistem penilaian aplikasi ini berupa tampilan kinerja komponen perangkat yang sangat terperinci. Jadi, anda dapat mengetahui bagaimana keadaan perangkat anda.

Speed Test

Speed test ini dulunya hanya terdapat pada situs speedtest.net yang berguna untuk mengukur kecepatan internet. Namun sekarang, aplikasi ini telah tersedia di google play dan berguna untuk menguji performa smartphone. Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk menguji kecepatan download dan upload. Serta anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui kecepatan signal Wi-Fi, 3G, atau 4G yang anda gunakan saat ini.

Vellamo

Vellamo juga dapat anda temukan di google play. Sama halnya dengan speed test, aplikasi ini juga berfungsi untuk mengukur sistem kerja jaringan saat melakukan browsing. Dengan menggunakan pengukuran sistem skor, aplikasi ini dapat menjadi pembanding antara aplikasi satu dengan aplikasi gawai yang lain.

Antutu Benchmark

Antutu ini adalah salah satu aplikasi benchmark yang digunakan oleh kalangan masyarakat serta dianggap aplikasi terlengkap dibanding lainnya. Sistem kerja aplikasi ini sangat baik dan terperinci. Pengujian lewat fitur memory performance, CPU floating point performance, CPU integer performance, 2D/3D graphics performance, SD card reading, dan database I/O. Pengujian ini menampilkan hasil skor yang komplit dan akurat dari layar ponsel anda.

Boot Benchmark

Aplikasi ini dapat diunduh dari google play. Boot Benchmark ini berfungsi untuk menguji kecepatan perangkat android dan menyelesaikan proses booting yang ada dalam ponsel anda. Selain berguna dalam proses booting, aplikasi ini juga berguna untuk menyelesaikan kinerja penggunaan CPU pada android anda. Sistem pengujian hardware dari aplikasi ini juga terbilang akurat. Anda tak perlu khawatir jika proses booting tiba-tiba terhambat.

GFX-Bench

Aplikasi ini juga terdapat pada google play. Aplikasi ini berfungsi menguji sistem hardware dengan fitur 3D. Dengan desain performa grafis, kestabilan performa dan pengujian smartphone, anda sudah dapat melihat perubahan sistem kinerja hardware. Aplikasi ini juga menampilkan spesifikasi lengkap sistem kinerja yang diuji. Dari data spesifikasi anda dapat membandingkan sistem kinerja terhadap smartphone lainnya.

Geek Bench

Sama halnya dengan aplikasi lainnya, aplikasi ini berfungsi untuk menguji performa hardware. Lebih spesifiknya, aplikasi ini untuk pengujian CPU pada perangkat android. Aplikasi ini menggunakan penilaian angka sebagai bukti sistem kinerja. Anda dapat melakukan pengujian terhadap aplikasi lain dengan menggunakan single core dan multi core. Temukan aplikasi ini dari google play.

Quadrant 2.0

Aplikasi yang satu ini telah banyak dikenal oleh para pengguna android. Quadrant 2.0 ini berfungsi untuk menguji kecepatan CPU. Sistem penilaian dari aplikasi ini menggunakan engine software. Tak hanya pengujian CPU, aplikasi ini juga dapat menguji I/O dan GPU. Jadi, tak heran jika aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang banyak diminati pengguna android

Smart Bench 2012

Aplikasi terakhir yang menjadi rekomendasi untuk pengujian performa smartphone adalah Smart Bench 2012. Aplikasi ini berfungsi untuk menguji prosesor multi-core. Sistem penilaian dari aplikasi ini menggunakan sistem nilai produktifitas. Tak hanya itu, anda juga dapat mengunakan aplikasi ini untuk membandingkan smartphone satu dengan lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top