Lainnya

5 Cara Produktif Saat Anjuran #DirumahSaja Diterapkan Pemerintah

kegiatan-di-rumah

kegiatan produktif di rumah/https://www.tehsariwangi.com/

Saat ini pemerintah memang mengajurkan masyarakat untuk bekerja dan beraktifitas dari rumah untuk menghindari penyebaran virus corona. Anjuran #DirumahSaja selama 14 hari ke depan ini tentu menjadi sesuatu yang menyenangkan disatu sisi dan membingungkan dilain sisi. Mengapa? Sebab, saat seseorang diajurkan untuk melakukan pembatasan sosial atau social distancing dengan berada di rumah, akan muncul kebingungan. Kebingungan ini sendiri tidak akan jauh-jauh seputar kegiatan yang bisa dilakukan di rumah. Apalagi anjuran #DirumahSaja ini berlaku selama 14 hari yang terbilang cukup lama untuk kembali beraktivitas seperti semula. Tapi sebagai seseorang yang kreatif tentu Anda tak perlu binggung karena ada banyak hal produktif yang bisa dilakukan di rumah. Nah berikut adalah beberapa cara dan kegiatan produktif yang bisa dilakukan saat anjuran #DirumahSaja diterapkan pemerintah.

  1. Membaca

Cara dan aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan di rumah dalam rangka social distancing adalah membaca. Bila selama ini Anda jarang membaca karena kesibukan bekerja, maka saat anjuran #DirumahSaja ini diterapkan maka inilah waktu yang tepat untuk melakukannya. Membaca sendiri bukanlah kegiatan yang sia-sia, karena dari aktivitas ini Anda akan bisa mendapatkan banyak wawasan dan pengetahuan. Jadi bila Anda merasa tidak punya kegiatan lain untuk dilakukan, maka pergilah ke rak buku dan mulailah membaca buku-buku yang belum sempat Anda baca.

  1. Memaksimalkan Hobi

Anda yang memiliki hobi, maka kegiatan memaksimalkan kegemaran akan menjadi sesuatu yang tepat untuk dijalankan saat masa social distancing ini. Tapi mengingat kondisi wabah virus corona yang genting, maka usahakan melakukan hobi ini di rumah saja. Hobi atau kegemaran yang terus diasah memang bisa memunculkan nilai positif. Bahkan beberapa orang mendapatkan bakatnya dari hobi yang terus dilakukan. Jadi bila selama ini Anda tidak punya waktu untuk memaksimalkan hobi maka di momen social distancing sekarang lah yang harus Anda pergunakan sebaik-baiknya. Dengan memaksimalkan hobi mungkin saja Anda bisa mendapatkan peluang usaha untuk dijalankan. Setidaknya dengan menjalankan hobi, kamu bisa membuat kesenangan dan produktivitas.

  1. Mencari Peluang Bisnis

Berikutnya, cara dan kegiatan produktif ditengah anjuran #DirumahSaja yang dapat dilakukan adalah mencari peluang bisnis. Anda yang selama ini berkutat dengan pekerjaan kantor tapi memiliki rencana berwirausaha, maka momen social distancing ini akan menjadi waktu yang tepat untuk memulainya. Jadi mulai saja menelusuri internet dan mencari peluang usaha yang menarik untuk dijalankan. Jika menemukan satu yang dirasa tepat, maka pelajari dengan seksama terlebih dulu seluk beluk bisnisnya. Bila memang Anda merasa sudah cocok dengan peluang usaha tersebut, maka Anda bisa menjalankannya langsung selagi waktu anjuran #DirumahSaja masih berlaku.

  1. Mengerjakan Rencana yang Tertunda

Sebagian besar orang tentu memiliki sebuah impian dan cita-cita yang sudah direncanakan. Nah bila Anda adalah salah satu diantara orang tersebut maka di momen social distancing ini Anda harus memanfaatkannya dengan baik. Jadi segera kerjakan rencana-rencana yang tertunda sebelumnya dengan baik. Mumpung ada waktu bebas di rumah, maka momen ini perlu Anda optimalkan dengan baik. Kerjakan saja beberapa hal dari rencana impian Anda yang tertunda sebelumnya. Dengan melakukan hal tersebut, maka Anda bisa menjadikan waktu di rumah saat masa social distancing tersebut menjadi lebih produktif.

  1. Bersama-sama Keluarga Melakukan Hal Positif

Terakhir, cara atau aktivitas produktif yang bisa Anda lakukan saat anjuran #DirumahSaja diterapkan pemerintah adalah dengan bersama-sama keluarga melakukan hal positif. Bila Anda sudah berkeluarga maka masa social distancing ini bisa Anda lakukan dengan beberapa agenda yang melibatkan anggota keluarga. Kegiatan positif bersama keluarga di rumah yang bisa dilakukan antara lain membuat kue atau makanan favorit, bersih-bersih rumah, berkebun dan lain sebagainya. Nah dari kegiatan bersama-sama keluarga di rumah ini maka Anda bisa membuat kehangatan dan kemesraan antar anggota keluarga lebih erat terjalin.

Itulah beberapa cara dan kegiatan produktif yang bisa Anda lakukan di rumah saat masa #SocialDistancing diberlakukan. Dari beberapa kegiatan tadi tentu tidak ada lagi alasan untuk bermalas-malasan di rumah. Meski berada di rumah, Anda harus bisa tetap produktif agar Anda bisa mencapai kualitas hidup yang berarti.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: