Lainnya

5 Cara yang Bisa Anda Lakukan Untuk Usir Kebosanan Saat Bekerja

usir-bosan-saat-kerja

Bekerja dengan rutinitas yang sama dan itu-itu saja setiap harinya memang bisa menyebabkan kebosanan. Hal yang sering dialami oleh para pekerja kantoran ini telah menjadi sebuah fenomena umum, terutama di kota-kota besar. Tentu kebosanan dan kejenuhan dalam bekerja ini adalah hal yang tidak baik. Pasalnya, kebosanan dalam bekerja dapat membuat produktivitas menurun. Untuk itulah maka kebosanan dalam bekerja harus segera diusir. Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir kebosanan ketika bekerja.

  1. Tidur dan Istirahat Malam yang Cukup

Pertama, cara mengusir kebosanan saat bekerja adalah dengan tidur cukup di malam hari. Seringkali kejenuhan yang dialami para pekerja ini adalah karena kurangnya istirahat atau tidur di malam hari. Tidur di malam hari sebelum berangkat bekerja pada pagi hari memang sesuatu yang sangat penting. Sebab, saat tubuh sudah merasa cukup dengan istirahat, maka pada pagi harinya akan muncul semangat yang lebih untuk melakukan rutinitas. Sebaliknya bila tidur atau istirahat di malam hari kurang maka akan memunculkan rasa lemas dan daya konsentrasi yang menurun sehingga kemudian memunculkan rasa jenuh dan bosan. Jadi untuk Anda yang ingin mengusir kebosanan saat bekerja, cobalah untuk tidur malam yang cukup antara 7-9 jam.

  1. Tingkatkan Kecerdasan Emosi (EQ)

Dalam penelitiannya Dr. Travis Bradberry, seorang pakar kecerdasan, menyatakan bahwa bahwa 90 persen pekerja yang produktif adalah mereka yang memiliki EQ atau kecerdasan emosi tinggi. Sementara itu mereka yang mempunyai EQ rendah biasanya tidak produktif. EQ sendiri menurut Dr. Travis Bradberry memiliki beberapa unsur seperti kesadaran diri, manajemen diri, serta kompetensi sosial. Nah jika semua unsur ini dimiliki seorang pekerja, maka mereka akan bisa mengatasi segala yang membuat dirinya jadi tidak produktif, termasuk salah satunya kebosanan.

  1. Tetapkan Tantangan 30 Hari

Berikutnya, cara untuk mengusir kebosanan saat bekerja adalah dengan menetapkan tantangan 30 hari. Ketika Anda merasakan kebosanan yang luar biasa saat bekerja, maka Anda memang harus siap untuk meng-upgrade diri. Upgrade diri ini sendiri bisa berupa hal apa saja yang berkaitan dengan kepribadian dan juga dunia karir. Beberapa hal tentang upgrade diri tersebut antara lain pengembangan EQ, keterampilan manajemen sosial atau juga pengembangan karir. Dengan selalu meng-upgrade diri dengan hal-hal yang bermanfaat, maka Anda akan bisa membuat diri Anda lebih berkompetensi untuk fokus pada pengembangan diri dan karir yang lebih baik.

  1. Ubah Lingkungan Fisik Anda

Ternyata lingkungan tempat Anda bekerja juga dapat memunculkan rasa bosan. Ini bukan soal desain interior yang wah atau tempat kerja yang mewah, tapi kebiasaan Anda untuk tetap mempertahankan kondisi lingkungan yang dapat menyebabkan hadirnya rasa bosan. Jadi Anda yang ingin mengusir rasa bosan dari pekerjaan, cobalah sesekali untuk mengubah lingkungan kerja Anda. Anda bisa mengawali dengan mengubah suasana di meja kerja Anda. Setelah itu Anda bisa mengubah lingkungan kerja yang lebih luas di sekitar meja kerja.

  1. Tinjau Kembali Makna dari Apa yang Anda Lakukan

Terakhir, cara yang bisa Anda lakukan untuk usir kebosanan saat bekerja adalah dengan meninjau kembali makna dari apa yang selama ini Anda lakukan. Anda mungkin tidak sadar dengan apa-apa yang telah Anda lakukan di tempat kerja. Dari sini maka Anda yang ingin mengusir kebosanan dari tempat kerja bisa coba untuk meninjau kembali makna dari apa-apa yang telah Anda lakukan di tempat kerja. Makna memang akan memiliki banyak tinjuan dan koreksi jika ternyata selama ini apa yang Anda kerjakan tidak berarti. Berkaitan dengan karir, maka Anda sebagai pekerja harus benar-benar memaknai segala apa yang Anda lakukan di tempat kerja. Semakin bermakna apa yang Anda lakukan dalam karir, maka kebosanan itu akan hilang dan lenyap dengan sendirinya.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengusir kebosanan ketika bekerja. Tentu beberapa cara tadi akan sangat efektif hasilnya bila Anda bisa melakukannya dengan konsisten. Konsistensi memang akan selalu menjadi syarat utama untuk menjadikan semuanya berjalan dengan lebih baik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top