Tips

5 Tips Berlebaran di Masa Pandemi Covid-19

tips-lebaran-tahun-2020

tips lebaran saat pandemi covid-19/https://republika.co.id/

Sebentar lagi lebaran tahun 2020 Mesehi atau tahun 1441 Hijriah akan menghampiri kita. Di masa lebaran nanti tentu akan beberapa hal berbeda yang kita dapati. Hal ini dikarenakan saat ini pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir. Dari sini maka protokol kesehatan pun pada masa berlebaran harus tetap dilaksanakan untuk mencegah penularan virus corona. Nah berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda jalankan pada masa lebaran nanti ditengah pandemi Covid-19.

  1. Tidak Mudik

Tips pertama berlebaran di masa pandemi Covid-19 adalah dengan tidak mudik. Bila Anda  berada di perantauan, memang dianjurkan untuk tidak mudik tahun ini. Meski sebenarnya sudah ada aturan tegas yang melaran mudik, namun tetap saja butuh kesadaran masing-masing orang akan bahayanya bila melakukan mudik. Mudik ke kampung halaman pada masa lebaran sekarang ini memang bisa memicu penularan virus. Apalagi bila tanah perantauan Anda berada di zona merah seperti Jakarta, tentu hal ini semakin memperbesar risiko penularan di daerah. Maka dari itu biar sama-sama sehat dan terhindar dari penularan lebih baik untuk tidak mudik dulu tahun ini. Sebagai gantinya Anda bisa mudik di bulan-bulan berikutnya di hari cuti lebaran yang telah dirubah pemerintah.

  1. Jalankan Silaturahmi secara Terbatas

Berlebaran memang identik dengan silaturahmi. Dalam silaturahmi ini setiap orang akan saling bermaaf-maafan dengan sesama. Tapi karena lebaran ini ada virus corona yang masih mewabah, maka kita harus waspada dengan kegiatan perkumpulan yang bisa memicu penularan seperti silaturahmi. Meski demikian bukan berarti Anda lantas tidak bisa bersilaturahmi. Sebab sekarang ada teknologi yang bisa membuat Anda bersilaturahmi secara online. Bila pun terpaksa harus bersilaturahmi dengan mendatangi rumah sanak saudara, pastikan untuk tetap menjaga jarak dan juga menggunakan masker.

  1. Tidak Berlibur atau Rekreasi

Berikutnya, tips berlebaran di masa pandemi Covid-19 adalah dengan tidak berlibur atau rekreasi. Saat lebaran memang seringkali diikuti dengan tradisi berlibur atau rekreasi ke suatu tempat. Tapi karena saat ini sedang ada virus corona yang mewabah maka sebaiknya kamu tidak melakukannya tahun ini. Toh dengan banyaknya daerah yang masih menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), membuat banyak tempat liburan yang harus tutup. Jadi percuma saja bila Anda bersikukuh ingin berlibur. Jadi biar aman dan tetap sehat lebih baik Anda urungkan niat berlibur saat lebaran dan menggantinya dengan kegiatan di rumah yang bermanfaat.

  1. Jalankan Ibadah di Rumah

Saat pagi hari di awal lebaran atau Idul Fitri, setiap muslim biasanya akan menjalankan sholat ied berjamaah di masjid. Tapi bagaimana jadinya jika wabah virus corona ini masih belum mereda? Sholat ied berjamaah yang pastinya akan mengumpulkan banyak orang tentu akan memperbesar tingkat penularan Covid-19. Jadi untuk mencegah penularan tersebut lebih baik Anda menjalankan sholat ied ini di rumah secara berjamaah bersama keluarga. Toh hukum sholat ied yang sunnah tentu tidak membuatmu harus memaksakan diri untuk melaksanakannya.

  1. Tetap Jaga Kesehatan

Terakhir, tips berlebaran di masa pandemi Covid-19 adalah dengan tetap menjaga kesehatan. Semua tentu sepakat bahwa kesehatan itu adalah hal yang utama. Sebab percuma saja punya banyak harta bila tidak sehat. Untuk itulah maka di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini kita perlu selalu menjga kesehatan. Pun di masa lebaran nanti, jangan sampai lengah untuk kemudian meremehkan kesehatan. Pasalnya di masa lebaran nanti yang masih diselimuti wabah virus corona, tentu membuat kita harus tetap ekstra waspada. Untuk itu saat lebaran nanti kita harus tetap menjalankan protokol kesehatan seperti rajin mencuci tangan, memakai masker dan juga melakukan physical distancing. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi, berolahraga dan istirahat yang cukup.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: