Tips

Harga Masker dan Hand Sanitizer Melambung Tinggi? Begini Solusinya!

cuci tangan

cuci-tangan/https://marketeers.com/

Virus corona yang sudah terdeteksi di Indonesia dengan ditandai dua orang yang dinyatakan positif, membuat publik tersentak. Sebab setelah sekian lama tidak disebut dalam daftar negara terkangkit corona, sekarang Indonesia pun telah mengalaminya. Dari sini kemudian beberapa diantara masyarakat yang kemudian menjadi panik dengan memborong banyak barang. Tentu saja barang yang diborong ini salah satunya adalah yang sangat dibutuhkan untuk menangkal virus corona. Dua diantara barang yang sangat banyak diburu masyarakat saat virus corona terdeteksi di Indonesia sekarang adalah masker dan hand sanitizer. Ketika dua produk ini banyak dicari dan dibeli masyarakat maka membuat harga masker dan hand sanitizer ini semakin melambung tinggi. Tentu keadaan ini bukan sesuatu yang baik karena tidak seperti pasaran seperti biasanya. Maka dari itu kita yang tidak ingin hal ini terjadi terus-menerus maka bisa mengatasi kondisi tersebut dengan beberapa cara atau solusi berikut.

  1. Tidak Panik

Cara pertama yang bisa kita lakukan sebagai solusi melambungnya harga masker dan hand sanitizer adalah dengan tidak panik. Melambungnya harga masker dan hand sanitizer di pasaran ini memang lebih dikarenakan terjadinya panic buying di masyarakat. Karena panik dengan virus corona mereka pun kemudian memborong barang-barang yang dibutuhkan seperti masker dan hand sanitizer. Dari sinilah karena tingginya permintaan konsumen pada masker dan hand sanitizer, berlakulah hukum ekonomi yakni naiknya harga. Maka dari itu agar keadaan ini kembali wajar maka seharusnya kita bisa menyikapi berita masuknya virus corona di Indonesia dengan tetap tenang. Meski virus dari Wuhan, China ini sudah menjangkiti dua orang WNI, tapi pemerintah belum mengeluarkan status darurat. Dari sinilah maka seharusnya kita sebagai warga negara yang baik harus mengikuti anjuran pemerintah dengan tidak panik serta melakukan panic buying.

  1. Giatkan Mencuci Tangan

Untuk mencegah virus corona ini memang tidak harus dengan memakai masker dan hand sanitizer. Tapi sebenarnya ada cara yang lebih efektif untuk menangkalnya yakni dengan menggiatkan mencuci tangan. Rajin mencuci tangan memang banyak dianjurkan oleh para ahli kesehatan di tengah situasi di aman virus corona yang sudah masuk ke Indonesia. Jadi tak perlu ikut-ikutan memburu masker dan hand sanitizer. Mencuci tangan juga tidak harus selalu menggunakan hand sanitizer. Sebab dengan menggunakan sabun antiseptic disertai ari mengalir, hal tersebut sudah cukup. Dan satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan yakni rajin melakukannya. Dengan rajin mencuci tangan maka kita pun berpeluang selalu tercegah dari virus corona meski tidak membeli masker dan hand sanitizer.

  1. Jaga Daya Tahan Tubuh

Berikutnya, solusi yang bisa diambil dari melambungnya harga masker dan dan hand sanitizer adalah dengan menjaga daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh memang menjadi sebuah hal yang dapat mencegah penularan virus corona. Semakin baik daya tahan tubuh kita maka akan semakin berpeluang juga kita menangkal virus corona. Maka dari itu sebenarnya percuma bila kita menggunakan masker dan hand sanitizer tapi tidak menjaga daya tahan tubuh. Sebab, virus ini akan sangat mudah menjangkiti mereka dengan ketahanan tubuh yang rendah. Tapi bila Anda memiliki daya tahan tubuh yang baik, virus corona ini akan sulit untuk menjangkiti meski telah close contact. Dari sini tentu Anda tidak perlu lagi terlalu memburu masker dan hand sanitizer kan.

  1. Terapkan Pola Hidup Sehat

Terakhir, solusi untuk menghadapi melambungnya harga masker dan hand sanitizer adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Virus memang menyukai tempat-tempat yang kotor. Di daerah yang kotor ini virus dapat hidup dan bertahan lebih lama. Dari sini maka Anda yang ingin terhindar dari virus corona perlu menerapkan pola hidup sehat dengan selalu menjaga kebersihan. Pastikan untuk tidak dekat sementara waktu dengan hewan. Rajinlah berolahraga dan juga pastikan untuk istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup ini memang juga akan membantu Anda untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang baik hingga mampu menangkal virus corona.

Itulah beberapa cara dan solusi menghadapi melambungnya harga masker dan hand sanitizer. Kita memang sudah seharusnya bersikap bijak dengan apa yang terjadi saat ini. Pembelian secara massif pada sebuah produk seperti masker dan hand sanitizer justru akan membuat pasar meresponnya dengan menaikkan harga yang tentunya tidak diinginkan oleh setiap konsumen.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top