Lainnya

Inilah 5 Problem yang Sering Dialami oleh Para Freelancer yang Bekerja di Rumah

problem-freelancer

Bekerja sebagai freelancer memang ada suka-dukanya. Sukanya, seorang freelancer memiliki waktu yang leluasa untuk melakukan pekerjaannya. Namun dibalik suka tersebut, seorang freelancer juga memiliki masalah tersendiri yang tidak dipunyai para pekerja kantoran. Nah berikut ini adalah beberapa masalah atau problem yang sering dialami oleh para freelancer yang bekerja di rumah.

  1. Dikira Tidak Bekerja

Problem pertama yang sering dialami oleh para freelancer yang bekerja di rumah adalah dikira tidak bekerja. Mitos orang tua yang menyatakan bahwa bekerja haruslah ke luar rumah memang membuat para freelancer harus menanggung bebannya. Karena mereka para freelancer yang bekerja di rumah, maka mereka dianggap orang-orang sekitarnya, terutama para orang tua seperti tidak bekerja. Kenyataan ini tentu terbilang miris bila melihat para freelancer yang bisa bekerja 24 jam dan mendapatkan pendapatan yang besar melebihi para pekerja kantor. Untuk mengatasi problem ini, para freelancer harus tegas menyatakan bahwa Anda memang benar-benar bekerja dengan menjelaskan bagaimana pekerjaan Anda dijalankan. Lakukan hal ini berkali-kali biar mereka benar-benar paham.

  1. Berisik

Saat bekerja di rumah, bisa jadi seorang freelancer akan mendapati keadaan yang berisik. Ini karena selain adanya anak-anak kecil yang ada di rumah, tidak adanya ruangan khusus membuat suasana kerja jadi lebih berisik. Tentu Anda yang sulit bekerja di tempat berisik, hal ini akan menjadi problem dan sangat mengganggu. Supaya Anda bisa terbebas dari problem kedua ini Anda harus menyiapkan ruang kerja khusus yang kedap suara. Solusi lain Anda bisa menggunakan headphone untuk menghindari suara berisik.

  1. Gangguan Fokus Bekerja

Bekerja di rumah akan membuat para freelancer akan mendapati banyak gangguan. Ini karena Anda merasa bebas dan tidak terikat dengan peraturan seperti di kantor. Meski merasa bebas dan tidak terikat aturan, justru hal ini yang seringkali membuat para freelancer jadi tidak maksimal saat bekerja. Hal ini disebabkan saat bekerja di rumah akan ada banyak hal bisa mengganggu para freelancer saat bekerja. Untuk itulah Anda yang bercita-cita menjadi freelancer harus memiliki niat yang sungguh-sungguh untuk fokus dalam bekerja. Singkirkan hal-hal seperti smartphone yang dapat menciptakan gangguan freelancer ketika bekerja.

  1. Rasa Malas yang Menghantui

Untuk menjadi seorang freelancer yang sukses, Anda memang harus mampu mengalahkan diri sendiri. Kenapa harus mengalahkan diri sendiri? Pasalnya, ketika menjadi freelancer akan muncul masalah besar yakni rasa malas. Rasa malas yang muncul pada seorang freelancer sendiri terbilang cukup besar. Hal ini disebabkan tidak adanya aturan mengikat seperti ketika bekerja di kantor. Saat menjadi freelancer, Anda memang punya kebebasan pada waktu yang ada. Anda bisa bekerja pagi hari, siang, hari, malam hari, sepanjang hari atau bahkan tidak bekerja sama sekali. Itu semua dan sepenuhnya ada pada keputusan Anda. Nah untuk itulah Anda yang ingin menjadi freelancer yang sukses, mau tak mau harus melawan rasa malas yang selalu menghantui. Jangan ikuti rasa malas yang muncul, tapi lawan sekuat mungkin rasa malas tersebut untuk segera menyelesaikan pekerjaan.

  1. Gengsi

Terakhir, problem dan masalah yang sering dialami oleh para freelancer adalah gengsi. Bayangan publik dan orang-orang tua tentang kesuksesan memang masih terpatri pada Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan orang kantoran yang berdasi. Ketika ada pekerja yang bisa bekerja sebagai PNS atau bekerja di perusahaan besar, maka gengsinya di masyarakat akan tinggi. Namun bila ada orang yang bekerja di rumah sebagai freelancer maka gengsi yang diapatkannya begitu rendah. Tentu Anda yang menjadi freelancer akan sedikit banyak terganggu dengan problem ini. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Anda sebagai freelancer harus mampu memperlihatkan dan membuktikan hasil kerja sukses Anda. Bukan sebagai tanda sombong, tapi memperlihatkan hasil sukses akan menjadi solusi untuk para freelancer yang selalu direndahkan kedudukannya.

Itulah beberapa problem atau masalah yang sering dialami oleh para freelancer. Anda yang juga seorang freelancer tentu ingin bahwa pekerjaan ini bisa membuat bangga diri sendiri dan orang lain dengan pencapaian suksesnya. Nah untuk meraih sukses tersebut maka Anda harus melaksanan pekerjaan freelancer ini dengan sungguh-sungguh dan bekerja keras.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top