Lainnya

Mau Karir Sukses? Jangan Lupa Untuk Terus Menjaga “Personal Branding”

Personal Branding

Tidak hanya dalam bisnis, branding juga merupakan sesuatu yang penting dalam sebuah pencapaian dalam karir. Dalam dunia karir, branding yang dapat menunjang kesuksesan dikenal dengan personal branding. Dibidang karir, seseorang memang tidak lagi menjual produk atau jasa. Tapi dalam pencapaian karir tersebut, seseorang akan menjual dirinya sendiri. Jadi cepat atau tidaknya seseorang meningkatkan karirnya akan dipengaruhi oleh seberapa besar nilai jual dirinya (personal branding). Semakin besar dan baik nilai jual diri seseorang maka akan semakin cepat ia akan meraih suskes dalam karir. Sebaliknya juga bila Anda tidak meningkatkan nilai jual diri (personal branding), maka akan semakin sulit Anda akan meraih kesuksesan dalam karir.

  1. Jujurlah Pada Bakat dan Potensi Diri

Cara pertama untuk bisa menjaga “personal branding” untuk meraih kesuksesan adalah jujur pada diri sendiri. Jadi jujurlah pada diri Anda mengenai jati diri Anda. Telusuri bakat sejati Anda dan pastikan itu yang akan menjadi senjata Anda untuk meningkatkan “personal branding” guna meraih kesuksesan. Pastikan bakat yang Anda miliki merupakan sesuatu yang paling membuat Anda semangat. Dalam istilah psikologi, bidang dan sesuatu yang membuat Anda mampu membangkitkan rasa semangat ketika mengerjakannya disebut passion. Nah untuk memperoleh passion ini maka dasarnya, Anda terlebih dulu harus jujur pada diri sendiri. Jujurlah mengenai apa yang benar-benar membuat Anda merasa lebih bergairah dan bersemangat dalam mengerjakan sesuatu. Dari sinilah Anda akan mendapatkan passion yang merupakan modal Anda untuk meningkatkan nilai diri dalam konsep personal branding.

  1. Branding Identitas Diri Anda

Setelah Anda sudah mendapatkan apa yang dianggap sebagai passion diri, maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah mem-branding identitas. Anda memang harus berusaha dan melakukan sesuatu dalam hal personal branding. Seperti juga pada bisnis, maka untuk bisa mem-branding produk, pengusaha haruslah melakukan sesuatu. Nah dalam meningkatkan personal branding maka mau tak mau Anda juga harus berusaha sesuatu. Semakin giat Anda melakukan strategi personal branding maka Anda akan semakin cepat meraih kesuksesan dalam karir.

  1. Asah Terus dan Tingkatkan Nilai Jual Anda

Dalam usaha Anda meningkatkan personal branding bukan tidak mungkin Anda akan berhadapan dengan personal branding orang lain. Dari sinilah kemudian muncul kompetisi atau persaingan. Sama seperti dalam bisnis dimana setiap brand akan selalu berkompetisi, maka dalam dunia karir, Anda juga akan bersaing dan berhadapan dengan personal branding lainnya. Nah dari sini maka Anda tak bisa berdiam diri dan bertahan dengan kemampuan Anda. Untuk bisa meraih sukses dalam karir maka Anda harus terus meningkatkan bakat dan kemampuan serta nilai jual diri. Dengan usaha Anda untuk terus mengasah diri serta meningkatkan nilai jual maka personal branding Anda akan semakin berharga.

  1. Jangan Abaikan Media Sosial

Agar personal diri Anda dikenal oleh banyak orang dan mempercepat Anda meraih sukses maka cobalah Anda harus mengaplikasikan media sosial. Jadi promosikan diri Anda lewat media online ini? Kenapa harus media sosial? Sebab media sosial saat ini merupakan tempat yang banyak diminati banyak orang. Jadi dengan membagi profil Anda via media sosial maka kesempatan Anda untuk membuat personal branding lebih populer akan lebih berpeluang.

  1. Membuat Puas Orang yang Menggunakan Bakat Anda

Terakhir, cara untuk menjaga dan meningkatkan personal branding adalah dengan memuaskan siapa pun yang menggunakan bakat Anda. Sama seperti dalam bisnis dimana pengusaha wajib memuaskan pembelinya, maka dalam personal branding maka kepuasan klien atau orang yang menggunakan bakat kita menjadi hal yang sangat penting. Untuk itu ketika ada orang yang memilih kita untuk keperluan dan kebutuhannya, maka pastikan Anda untuk selalu memberikan yang terbaik. Semakin baik yang Anda berikan hingga mereka puas, maka akan semakin besar peluang Anda untuk meningkatkan personal branding dan kesuksesan dalam karir.

Itulah beberapa cara yang tak boleh Anda lupakan untuk menjaga personal branding dengan tujuan sukses dalam karir. Nah agar Anda benar-benar mencapai apa yang Anda harapkan maka pastikan Anda menerapkan beberapa hal diatas secara konsisten.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top